Damayanti, Cicilia (2022) Kepedulian Dalam Pendidikan Untuk Mencapai Kesetaraan Perempuan. Studia Philosophica et Theologica, 22 (1). pp. 41-62. ISSN pISSN 1412 -0674 ; eISSN 2550 – 0589
Text (Journal Article)
StudiaCICILIA.pdf - Published Version Download (343kB) |
Abstract
Kepedulian banyak dikaitkan dengan perempuan karena kelembutannya membuat mereka dianggap lebih cocok untuk memperhatikan dan membantu sesamanya yang membutuhkan. Tindakan untuk peduli ini kemudian terpusat pada perempuan, yang menyebabkan kaum laki-laki lebih memiliki kebebasan untuk berkarya di luar rumah. Hal ini membuat kaum perempuan seolah tersudut pada ranah domestik semata. Dalam artikel ini akan dibahas apakah tindakan untuk peduli dan peka pada orang lain merupakan wilayah perempuan semata. Metode yang dipakai adalah analisis teks yang bersumber dari buku-buku karangan para pemikir perempuan tentang etika kepedulian dan pendidikan. Etika kepedulian merupakan moralitas untuk peka pada orang lain. Suatu tindakan nyata untuk bersolidaritas pada sesama. Kepedulian akan terbangun melalui pendidikan. Pendidikan berperan penting untuk mengembangkan imajinasi yang dapat melahirkan empati kepada sesama. Empati yang terbangun membuat seseorang memiliki kepedulian pada sesama. Pendidikan juga dibutuhkan untuk memberikan kesempatan pada perempuan untuk membangun kerja sama dengan laki-laki, dan untuk mengembangkan diri dalam meraih cita-citanya. Pernyataan bahwa tugas perempuan adalah untuk mempedulikan keluarga tidak lebih dari sekedar kontruksi budaya semata. Kata Kunci: etika kepedulian, kesetaraan, pendidikan, perempuan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat |
Depositing User: | ThM .- |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 08:30 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 08:30 |
URI: | http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/728 |
Actions (login required)
View Item |