Ambarwati, Retno (2003) Refleksi Atas Gugatan Carol Gilligan Terhadap Cara Pandang Yang Bias Gender. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.
Text (Titlepage, contents, abstract, bibliography)
retno.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Budaya patriarkhi yang melahirkan konsep gender berikut tali-temalinya telah menyebabkan pandangan bias gender yang selain mengakibatkan ketidakadilan juga telah menyebabkan kurang akuratnya ilmu-ilmu kemanusiaan. Melalui tesis ini saya ingin menggugah sikap knitis dan peka gender terhadap ilmu-ilmu kemanusiaan, khususnya psikologi perkembangan manusia yang menyangkut pembentukan konsep diri dan penilaian moral agar lebih akurat. Metode Tesis: Selain membedah buku Carol Gilligan “Dalam Suara Yang Lain” dan buku Ratna Megawangi "Membiarkan Berbeda" juga melakukan eksplorasi, penelitian kepustakaan dan melihat fakta akibat patriarkhi. Hasil Pembahasan: Tersibaknya teori-teori psikologi perkembangan manusia termasuk perkembangan moral dan pembentukan konsep diri yang ternyata bias gender. Meskipun Gilligan telah menunjukkan dominasi pandangan laki-laki yang mencuil keakuratan teori psikologi perkembangan manusia dan membuka jalan ke arah teori baru yang lebih akurat, namun ternyata pandangannya sendiri pun tak luput dan bias gender. Kata Kunci : Gugatan, cara pandang yang bias gender, dominasi penilaian moral laki-laki, proses perkembangan moral manusia, budaya patriarkhi, pembentukan konsep diri, etika keadilan dan etika kepedulian, refleksi peka gender, membuka jalan ke arah pemikiran dan teon baru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat |
Depositing User: | ThM .- |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 04:24 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 04:24 |
URI: | http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/641 |
Actions (login required)
View Item |