Model Pendidikan Nilai Berdasarkan Etika Nilai Max Scheler.

Remijawa, Rally H. (2020) Model Pendidikan Nilai Berdasarkan Etika Nilai Max Scheler. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.

[img] Text (Titlepage, Contents, Abstract, Introduction, Bibliography)
RALLY.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bermaksud membentuk suatu model pendidikan nilai berdasarkan gagasan etika nilai Max Scheler. Penulis memulai tulisan ini dengan memberi gambaran sekilas tentang fenomena pendidikan nilai dalam pengalaman penulis. Pendidikan nilai secara umum lebih menekankan dimensi nalar dan kurang memerhatikan dimensi rasa peserta didik. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat suatu model pendidikan nilai yang menganggap penting dimensi rasa. Tokoh Max Scheler merupakan pilihan penulis karena ia berbicara mengenai nilai dan ia juga berbicara mengenai hati. Penulis mengambil pokok-pokok gagasan etika nilai Scheler dan pandangannya mengenai hati lalu menjadikan keduanya sebagai kerangka konstruksi model pendidikan nilai. Proses pembelajaran dalam model pendidikan nilai berdasar etika Max Scheler terdiri dari tiga bagian utama yaitu: aktivitas, komunikasi, dan keteladanan. Komponen pendukung dari proses pembelajaran tersebut adalah nara didik memfasilitasi peserta didik untuk menerapkan dalam tindakantindakan praktis. Kata-Kata Kunci: Nilai, tindakan bernilai, hirarki nilai, apriori nilai, objektivitas nilai, model pendidikan nilai, hati, perasaan, cinta, simpati, etika formal, aktualisasi nilai, persona, rasio, imperatif kategoris, identifikasi, nara didik, dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)

B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics

L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:19
Last Modified: 14 Feb 2022 01:19
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item