Mewujudkan Politik Simpatik dengan Meningkatkan Pendidikan Karakter (Tinjauan dari Perspektif Filsafat Politik Armada Riyanto)

Pandor, Pius (2022) Mewujudkan Politik Simpatik dengan Meningkatkan Pendidikan Karakter (Tinjauan dari Perspektif Filsafat Politik Armada Riyanto). Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 14 (2). pp. 98-109. ISSN 0216-9290, ISSN 2549-175X

[img] Text (Journal Article)
2022-JIP-Politeia14-2-Pandor.pdf - Published Version

Download (309kB)
Official URL: https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/76...

Abstract

Penelitian studi ini memiliki tujuan menelaah pendidikan karakter sebagai fondasi atau titik tolak terwujudnya politik simpatik. Politik simpatik dalam hal ini merujuk pada bagaimana kekuasaan itu diolah dengan baik. Dewasa ini politik seperti itu sedang mengalami degradasi. Fenomena banyaknya kasus korupsi, sikap apatis dan intoleransi di lingkaran para pejabat atau pemimpinan negara mencerminkan situasi melemahnya “roh” politik simpatik tersebut. Tentu saja ada begitu banyak asumsi yang menggarisbawahi alasan dibalik fenomena itu muncul. Menurut penulis peningkatan pendidikan karakter mendesak untuk diimplementasikan. Pendidikan karakter sedapat mungkin dikenal dan didalami setiap masyarakat, terutama generasi muda. Riset ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yakni studi pustaka dengan pendekatan fenomenologisdan ditinjau dari perspektif Filsafat Politik Armada Riyanto. Daririset ini, penulismenemukan titik dasar apa yang menjadi penopang keberhasilan sebuah politik simpatik yakni melalui pendidikan karakter. Melalui mutu Pendidikan karakter yang baik dan efesien, anak bangsa akan mampu mengaktualkan semangat politik simpatik ini. Kata Kunci:Politik simpatik, Pendidikan karakter, sekolah, masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 19 Oct 2025 01:34
Last Modified: 19 Oct 2025 01:34
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item