-, Anri (2019) Tujuan Pendidikan Menurut Whitehead: Pengembangan Dimensi Humanistik dan Kompetensi Akademik. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.
Text (Titlepage, Abstract, Contents, Bibliography)
anri.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Praktik pendidikan yang dijalankan oleh sekolah-sekolah di Inggris dan di Amerika sewaktu Whitehead menuliskan esainya tentang pendidikan semata-mata bertujuan untuk mengejar pengetahuan yang berfokus pada pengembangan dimensi intelektual subjek didik. Gagasan-gagasan yang diberikan kepada subjek didik bersifat abstrak belaka tanpa mengetahui kegunaannya dalam kehidupan konkret. Praktik pendidikan yang diterapkan oleh sekolah semacam ini menghambat pertumbuhan subjek didik sebagai organisme hidup yang berfungsi seutuhnya. Apa yang hilang dari proses pendidikan ialah hal-hal yang berhubungan dengan dimensi humanistik. Di antaranya, penanaman kehidupan. Salah satu visi Whitehead tentang pendidikan bahwa pendidikan merupakan proses untuk mengembangkan diri. Dalam proses pembelajaran, subjek didik sebagai satuan aktual selalu berproses dalam kemenjadian dirinya. Bagi Whitehead, pendidikan bertujuan untuk menghasilkan manusia yang berbudaya dan berkeahlian dalam bidang tertentu atau pada salah satu cabang pengetahuan. Hal utama yang menghambat tercapainya tujuan pendidikan sekaligus yang menjadi pokok permasalahan dalam praktik pendidikan ialah maraknya transmisi gagasan-gagasan yang bersifat mandeg dan mandul. Karenanya, diperlukan kebaruan dalam pengetahuan secara terus-menerus agar gagasan-gagasan yang diberikan kepada subjek didik bukanlah berupa pengetahuan yang mati melainkan pengetahuan yang selalu bersifat hidup. Bagi penulis, untuk mencapai tujuan pendidikan sebagaimana yang dimaksudkan oleh Whitehead, praktik pendidikan yang dijalankan oleh sekolah harus berorientasi pada pengembangan dimensi humanistik dan kompetensi akademik subjek didik. Kata-kata kunci: Visi Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Organisme Hidup, Satuan Aktual, Proses, Kemenjadian Diri, Pengembangan Diri, Gagasan-gagasan Mandeg dan Mandul, Pengetahuan yang Mati, Kebaruan, Pengetahuan yang Hidup, Dimensi Intelektual, Dimensi Humanistik, Nilai-nilai Kehidupan, Kompetensi Akademik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat |
Depositing User: | ThM .- |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 07:41 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 07:41 |
URI: | http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/447 |
Actions (login required)
View Item |