Pedagogi Kritis sebagai Pendidikan yang Membebaskan Menurut Paulo Freirre.

Elu, Irmina (2021) Pedagogi Kritis sebagai Pendidikan yang Membebaskan Menurut Paulo Freirre. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Titlepage, Abstract, Contents, Bibliography)
IRMINA.pdf - Accepted Version

Download (563kB)

Abstract

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan pendidikan seseorang mampu mengenal dan memaknai dirinya dan lingkungan dimana ia berada. Pendidikan yang digagas oleh Paulo Freire merupakan suatu pendidikan yang bersifat membebaskan seseorang dari situasi yang menindas. Untuk mencapai pendidikan yang membebaskan perlu ada kerja sama antara tiga komponen besar dalam pendidikan yakni pendidik, peserta didik dan dunia atau lingkungan. Selain kerja sama, pedagogi kritis menjadi salah satu hal penting yang perlu dilaksanakan. Melalui pedagogi kritis baik pendidik maupun peserta didik akan mampu membangun kesadaran kritis untuk menghadapi dunia. Kesadaran kritis yang dimiliki oleh pendidik dan peserta didik memampukan mereka untuk tidak saling mengobjekkan tetapi membangun sikap menghargai sebagai subjek yang setara dan dunia menjadi objeknya. Untuk rnencapai kesadaran kritis dibutuhkan pendidikan kritis yang berbasis pada realitas sosial. Kritik terbesar Freirre terhadap pendidikan secara umum adalah praktik pendidikan tradisional yang cenderung mengobjekkan peserta didik dan kurang mempraktikkan metode dialog dalam pembelajaran. Dalam bahasa Freirre pendidikan dengan gaya ini disebut sebagai pendidikan-hadap-masalah (problem posing). Pendidikan yang membebaskan adalah model pendidikan yang mampu melakukan refleksi kritis tentang situasi nyata dalam masyarakat dan memikirkan sistem alternatif ke arah transformasi sosial yang adil. Melalui tesis ini penulis mencoba melihat dan mendalami permikiran Paulo Freirre tentang pedagogi kritis sebagai praktik pendidikan yang membebaskan seseorang dari situasi lingkungan yang menindas sambil membandingkannya dengan situasi nyata pendidikan saat ini. Kata kunci: Pendidikan-Gaya-Bank, Pendidikan-Hadap-Masalah, Konsientisasi, Pedagogi Kritis, Pendidik, Peserta Didik, Kesadaran Kritis, Dunia, Subjek, Objek, Dialog, Budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:41
Last Modified: 22 Feb 2022 07:41
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/446

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item