Pemikiran Henry A. Giroux tentang Pendidikan Kritis, Peran Guru sebagai Intelektual Transformatif dan Relevansinya bagi Pembelajaran pada Sekolah di Indonesia.

-, Evi Mariani (2020) Pemikiran Henry A. Giroux tentang Pendidikan Kritis, Peran Guru sebagai Intelektual Transformatif dan Relevansinya bagi Pembelajaran pada Sekolah di Indonesia. Doctoral thesis, Driyarkara School of Philosophy.

[img] Text (Dissertation Summary)
Ringkasan Disertasi.pdf - Supplemental Material

Download (524kB)
[img] Text (Titlepage, abstract, list of content, bibliography)
DisertasiLG.pdf - Additional Metadata

Download (990kB)

Abstract

Tujuan disertasi ini adalah meneliti pemikiran Henry A. Giroux tentang pendidikan kritis, peran guru sebagai intelektual transformatif dan apakah relevansinya bagi pembelajaran pada sekolah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Buku-buku utama yaitu : tulisan Henry A. Giroux sebagai berikut: Teachers as Intellectuals, Theory and Resistance in Education: A Pedagogy for the Opposition, Ideology, Culture and the Process of Schooling, Schooling and the Struggle for Public Life dan Critical Pedagogy in the Modern Age. Selanjutnya tulisan Paulo Freire yaitu: Pedagogy of the Oppressed dan The Politics of Education serta tulisan Antonio Gramsci yaitu: Prison Notebooks. Setelah masalah dijelaskan dalam bab pertama yang merupakan pendahuluan, dalam bab kedua akan diterangkan tentang latar belakang dan dasar pemikiran Henry A. Giroux. Selanjutnya dalam bab ketiga menguraikan tentang pendidikan kritis melawan (konteks) budaya modern yaitu bahwa budaya modern sangat berpengaruh dalam pendidikan dan bagaimana neoliberalisme sukses menguasai pendidikan karena memanfaatkan demokrasi liberal. Bab keempat membahas persoalan guru sebagai intelektual transformatif. Dijelaskan pula paham guru tradisional dan paham guru sebagai intelektual transformatif. Bab kelima berisi evaluasi, kritik dan kesimpulan, termasuk di dalamnya penulis menguraikan relevansinya bagi pembelajaran pada sekolah di Indonesia. Hasil Penelitian dari disertasi ini mengungkapkan bahwa pengaruh budaya modern dalam pendidikan juga dialami di Indonesia dan karenanya pemikiran Giroux tentang pendidikan kritis dan guru sebagai intelektual transformatif relevan untuk diterapkan bagi pembelajaran pada sekolah di Indonesia. Kata Kunci: intelektual transformatif, pendidikan kritis, pedagogi intervensi, pedagogi perbatasan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 13 Aug 2021 01:27
Last Modified: 13 Aug 2021 01:27
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item