Zhang, Erwan (2021) Naratif dan Pendidikan Manusia Berdaya Dalam Filsafat Paul Ricoeur. Penerbit PT Kanisius, Yogyakarta. ISBN 978-979-21-6884-6
Text (Cover, title page, list of content)
buku.pdf - Published Version Download (878kB) |
Abstract
Penggunaan naratif dalam pendidikan cenderung masih reduktif kepada analisis unsur-unsur instrinsik atau pelajaran moral. Meskipun sudah ada usaha untuk mengaitkan teks sastra naratif kepada pendidikan dengan lebih utuh, seperti dalam konsep "penyekolahan gairah" Karen E. Bohlin, kaitan tersebut belum didukung oleh filsafat bahasa, manusia, dan etika yang lebih komprehensif. Tulisan ini menunjukkan bahwa meskipun Paul Ricoeur sangat sedikit menulis tentang pendidikan, filsafatnya yang mencakup banyak tema -dari teks, manusia, hingga etika- menawarkan perspektif baru bagi kedudukan naratif dan 'Oneself as Another' sebagai sumber utama, serta mengintegrasikannya dengan pemikiran Ricoeur yang lain tentang pendidikan, imajinasi, teks, perasaan, dan hasrat, penulis menyimpulkan fungsi fundamental naratif sebagai pembentuk identitas temporal, naratif, dan etis yang memberdayakan manusia untuk mencapai tujuan pendidikan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat |
Depositing User: | Th.M. Admin Driyarkara |
Date Deposited: | 06 May 2021 02:26 |
Last Modified: | 06 May 2021 02:26 |
URI: | http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/223 |
Actions (login required)
View Item |