Posisi Perempuan dalam Lingkaran Pengetahuan.

Damayanti, Cicilia (2021) Posisi Perempuan dalam Lingkaran Pengetahuan. Studia Philosophica et Theologica, 21 (2). pp. 155-173. ISSN 1412-0674; eISSN 2550-0589

[img] Text (Journal Article)
JST.pdf - Published Version

Download (5MB)
Official URL: http://ejournal.stftws.ac.id/index.php/spet

Abstract

Peran perempuan di wilayah pengetahuan menjadi tanda tanya tersendiri karena mereka dianggap lebih menggunakan perasaan daripada nalar. Ilmu pengetahuan dipahami sebagai dunia yang membutuhkan nalar yang kuat sehingga perempuan dianggap kurang cakap dalam menggeluti bidang ini. Pandangan ini membuat kaum perempuan dianggap lebih cocok berada di wilayah domestik daripada publik. Hal ini membuat para feminis merasa bahwa kaum perempuan telah diperlakukan tidak adil karena selalu dipojokkan pada bidang perasaan semata. Di samping itu mereka menemukan bahwa pengetahuan yang terkesan keras tetap membutuhkan segi emosi dalam perkembangannya. Sebab, ilmu pengetahuan akan berdaya guna bila dapat bermanfaat bagi hidup orang banyak dan tetap memperhatikan alam sekitar. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah perlunya kerja sama antara perempuan dan laki-laki dalam mengembangkan ilmu pengetahuan bagi kesejahteraan hidup bersama. Hal ini juga dapat membongkar pemikiran bahwa perempuan juga bisa berguna dan bekerja di wilayah publik, bahwa banyak konstruksi budaya yang ada telah membelenggu hidup perempuan. Artikel ini hendak menggambarkan bagaimana posisi kaum perempuan dalam pengetahuan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengujian analisis deskriptif. Kata Kunci: emosi, feminis, ilmu pengetahuan, nalar, perempuan.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:10
Last Modified: 05 Apr 2022 07:10
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item