Pluralisme Nilai Moral Sebagai Jalan Ketiga: Sebuah Interpretasi Atas Pandangan John Kekes.

Kama, Vinsensius Felisianus (2005) Pluralisme Nilai Moral Sebagai Jalan Ketiga: Sebuah Interpretasi Atas Pandangan John Kekes. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.

[img] Text (Titlepage, contents, abstract, bibliography)
kama.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas pluralisme yang ditawarkan John Kekes. Keprihatinan Kekes terhadap pluralitas perubahan yang menimbulkan kompleksitas kebingungan dan ketidakpastian, rnendorongnya untuk memberikan respons. Upaya Kekes untuk memberikan respons melalui gagasannya tentang pluralisme ditempatkan dalam perbandingan dengan monisme dan relativisme. Di satu pihak, Kekes menolak dogmatisme kaum monis yang memastikan hanya ada satu jawaban tunggal terhadap aneka perbedaan dan konflik nilai. Ia pun menolak relativisme, karena ada kekacauan yang muncul akibat sikap kaum relativis yang memandang semua hal bersifat relatif. Di pihak lain, sikap arifnya sebagai seorang pluralis mendorongnya untuk belajar dan menerima universalisme yang dianut kaum monis di mana diakui adanya otoritas moral dan rasional yang bersifat independen terhadap konteks. Posisi inilah yang membedakannya dengan kaum relativis yang mengakui adanya otoritas moral dan rasional hanya berlaku dalam konteks partikular dan bukan universal. Meskipun demikian ia juga belajar dari kaum relativis dan menerima kondisionalitas semua nilai. Bagi Kekes semua nilai bersifat kondisional karena adanya prinsip ketaksebandingan dan ketaksepandanan nilai-nilai (incommensurability and incompatibility of values). Posisi inilah yang membedakannya dengan kaum monis yang mengakui adanya nilai yang lebih tinggi yang mengalahkan nilai-nilai lain di bawahnya (overriding value). Ketiga macam respons itu, baik monisme, relativisme maupun pluralisme, mempunyai posisi bersama yakni sebagai jalan-jalan perealisasian nilai-nilai menuju hidup yang baik. Dalam kebersamaan tersebut, masing-masing jalan tetap mempunyai kekhasan: monisme sebagai jalan pertama, relativisme sebagai jalan kedua dan pluralisme sebagai jalan ketiga. Pada tataran teoritis, bagi Kekes, pluralisme merupakan teori tentang hakekat nilai-nilai sebagai sesuatu yang membawa kebaikan-kebaikan yang dapat merealisasikan tercapainya hidup baik. Pada tataran praktis, pluralisme bagi Kekes merupakan "perayaan kemungkinan-kemungkinan manusiawi" yang disertai keharusan untuk memasang batas-batas. Dalam perayaan tersebut aneka kemungkinan dalam wujud komitmen personal yang tertata dalam konsepsi masing-masing individu, baik komitmen dalam, bersyarat maupun longgar, berpasangan dengan berbagai batas konvensi yang tertata dalam tradisi, baik konvensi-konvensi dasar maupun konvensi-konvensi variabel. Praksis hidup yang komprehensif seperti itulah yang kiranya relevan dan inspiratif bagi setiap orang untuk menjalani hidup yang terus berkembang dalam dinamika perubahan. Kata-kata kunci: Pluralitas, Kondisionalitas, Pluralisme, Relativisme, Monisme, Nilai Primer, Nilai Sekunder, Moral, Jalan Ketiga, Jalan Kedua, Jalan Pertama, Tradisi, Konvensi Dasar, Konvensi Variabel, Konsepsi Individu tentang Hidup Baik, Komitmen Dasar, Komintmen Kondisional dan Komitmen Longgar, Imaginasi Moral.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)

B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:13
Last Modified: 28 Mar 2022 04:13
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item