Mendidik Keutamaan: Sebuah Pilihan Pendidikan Moral Dalam Perspektif Pemikiran David Carr.

Gasung, Soeki Hingsen (2019) Mendidik Keutamaan: Sebuah Pilihan Pendidikan Moral Dalam Perspektif Pemikiran David Carr. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.

[img] Text (Titlepage, Abstract, Contents, Bibliography)
SOEKI.pdf - Accepted Version

Download (389kB)

Abstract

Tesis ini memaparkan gagasan pokok David Carr mengenai pendidikan moral Keutamaan sebagai sebuah pilihan dalam mengatasi krisis moral. Bertolak dari pandangan bahwa etika moral yang selama ini dipakai telah gagal dalam mengatasi berbagai masalah moral yang muncul. Moralitas selama ini dianggap sebagai tidak lebih dari sebuah kewajiban, yang dilaksanakan dan ditaati tanpa menggugah kesadaran si pelaku moral. Sehingga ketika kesulitan ataupun ide-ide baru muncul, pelaku gampang berpindah keyakinan moral sebab tidak ada dasar yang kokoh yang mendasari tindakannya. Carr menyakini bahwa Etika Keutamaan adalah elemen yang penting dan berharga yang akan memberikan sumbangan kepada kehidupan manusia. Pertama-tama pelaku tindakan moral digugah agar menghasrati untuk mempunyai karakter Keutamaan. Ini tidak terlepas dari peran orang tua dan khususnya guru atau pendidik yang terlebih dahulu menghasrati dan menghidupi kehidupan moral tersebut. Seorang pendidik moral Keutamaan menjadikan dirinya sebagai contoh dan teladan dan mendorong kualitas yang sama kepada anak didiknya atau orang lain. Kemudian setelah pelaku tindakan moral tergugah, dia akan belajar melalui latihan dan praktek melakukan tindakan yang tepat dalam situasi tertentu, ini dinamakan phronesis. Tindakan moral yang dipraktekkan berulang-ulang akan menjadi suatu kebiasaan, dan akhirnya terpatri dalam jiwa pelaku dan menjadi karakter yang melekat pada dirinya. Etika Keutamaan bukan menekankan kewajiban, tetapi lebih kepada membangkitkan aspirasi untuk melakukan yang baik. Pelaku tindakan moral didorong untuk meyakini bahwa apa yang dilakukan akan membawa kebaikan bagi kehidupan manusia. Etika Keutamaan pada akhirnya akan mampu memperbaiki moral individu maupun moral kolektif. Semua tindakan moral Keutamaan, dilakukan dengan kesadaran dan penghayatan akan kebijaksanaan tertinggi yang dihasrati dan ingin dicapai oleh si pelaku moral. Kata-kata kunci: Keutamaan, Pendidikan moral Keutamaan, Etika Keutamaan, moral Kewajiban, Idea, telos, akrasia, phronesis, Teleologis, Deontologis, pendidikan Tradisionalis, pendidikan progresif virtue of attachment, virtue of self control, represi, sifat norma moral, dilema moral, objektivitas moral, subjektivitas moral.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:42
Last Modified: 22 Feb 2022 07:42
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item