Hasan, Johan (2024) Pendidikan Moral Menurut L. Kohlberg Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Pancasila. Doctoral thesis, Driyarkara School of Philosophy.
![]() |
Text (Pagetitle, abstract, contents, bibliography)
Disertasi.pdf - Accepted Version Download (726kB) |
![]() |
Text (Dissertation Summary)
RingkasanDisertasi.pdf - Accepted Version Download (367kB) |
Abstract
Beberapa hasil survei terhadap siswa dan mahasiswa Indonesia menunjukkan kegagalan penerapan moral Pancasila yakni menghadirkan keadilan bagi warga negara atau kelompok yang berbeda, bahkan kurangnya penghargaan terhadap Pancasila itu sendiri. Karena itu, penelitian ini, melalui kajian kepustakaan atas pemikiran Lawrence Kohlberg dan rekan-rekannya, menunjukkan sumbangsih dari pemikiran Kohlberg dalam memberikan orientasi dan pemaknaan moral Pancasila yang universal, hubungan moral Pancasila yang tidak direduksi pada agama tetapi tetap membuka ruang keterlibatan dan sumbangsih agama pada moral Pancasila, serta menawarkan model pendidikan moral Pancasila yang demokratis, dapat menerima pelbagai budaya dan agama yang berbeda di perguruan tinggi di Indonesia untuk kedewasaan perkembangan moral. Kata kunci: Pancasila, Pendidikan Pancasila, Kohlberg, Pendidikan Moral Pancasila, Agama, Perkembangan Moral, Indoktrinasi, Komunitas Adil
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat |
Depositing User: | ThM .- |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 03:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:50 |
URI: | http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/2330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |