Permana, Aditya (2011) Logisisme Frege Sebagai Epistemologi: Mungkinkah? Jurnal Filsafat Driyarkara, 32 (1). pp. 31-45. ISSN 0126-0243
![]() |
Text (cover, contents, article)
JFD-V. 32-1-2011-PERMANA.pdf Download (854kB) |
Abstract
Michael Dummett mendaku bahwa karya Frege 1884 Die Grundlagen der Arithmetik (1884) adalah titik berangkat yang menandai “rute baru” yang kini disebut “palingan filsafat ke bahasa” (linguistic turn) yang upaya utamanya adalah menjernihkan makna dan memusatkan perdebatan filsafat pada bahasa dan logika alih-alih “realitas”. Logika dan analisis logis atas bahasa sebagai standar baru justifikasi kebenaran menarik banyak pihak yang dengan bersemangat mencoba menggali gagasan Frege dan mengembangkannya lebih luas ke ranah filsafat, seperti dilakukan Positivisme Logis. Perluasan logisisme ke ranah filsafat di satu sisi dapat dibaca sebagai penggunaan logika sebagai epistemologi dalam justifikasi kebenaran dan penolakan atas metafisika spekulatif. Namun, di sisi lain, ini juga memiliki konsekuensi bahwa kita mengandaikan metafisika lain di baliknya. Frege sendiri tidak memiliki gagasan metafisis apapun di balik logisismenya, kecuali landasan bagi kalkulus inferensial. Artikel ini mencoba mengurai sejauh mana logisisme Frege layak mendapat status sebagai metode epistemologi yang memadai untuk memperoleh pemahaman komprehensif tentang dunia. Melalui ini, mungkin kita dapat menemukan cara lain untuk membaca ulang dakuan Dummett di atas tentang kontribusi Frege bagi filsafat analitik. Kata-kata Kunci: logisisme, epistemologi, kebenaran, nilai-kebenaran, keputusan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat |
Depositing User: | ThM .- |
Date Deposited: | 04 Apr 2025 10:00 |
Last Modified: | 04 Apr 2025 10:00 |
URI: | http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/2173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |