Relevansi Teori Keutamaan Aristoteles bagi Pendidikan Karakter Yang Dijalankan Dalam Kurikulum 2013 Pada Jenjang SMP.

Kapitan, Antonius (2023) Relevansi Teori Keutamaan Aristoteles bagi Pendidikan Karakter Yang Dijalankan Dalam Kurikulum 2013 Pada Jenjang SMP. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.

[img] Text (Titlepage, contents, abstract, foreword, bibliography)
TESIS-Kapitan.pdf - Accepted Version

Download (635kB)

Abstract

Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui relevansi teori keutamaan Aristoteles bagi pendidikan karakter yang dijalankan dalam Kurikulum 2013. Teori keutamaan yang diuraikan Aristoteles dalam Ethica Nicomachea menegaskan keutamaan (virtue) sebagai state of character dalam diri manusia yang memampukan manusia menggapai kebahagiaan (eudaimonia). Manusia yang berkeutamaan sesungguhnya memiliki keutamaan moral (moral virtues) dan keutamaan intelektual (intellectual virtues). Keutamaan moral dibentuk melalui pembiasaan dan pelatihan (habituasi), keutamaan intelektual ditata melalui pengajaran. Pembiasaan, pelatihan dan pengajaran merupakan pendidikan keutamaan yang ditawarkan Aristoteles bagi mereka yang hendak berkeutamaan. Aktualisasi manusia berkeutamaan adalah hidup baik (eu zēn; living well) dan hidup sukses (eu prattein; faring well). Dengan hidup baik dan hidup sukses, manusia mampu mewujudkan kebahagiaan yang dirumuskan Aristoteles sebagai the ultimate good sekaligus self-sufficient. Konsep keutamaan, kebahagiaan dan model pendidikan keutamaan Aristoteles relevan bagi pendidikan karakter yang dijalankan dalam Kurikulum 2013 (K-13) jenjang pendidikan dasar (SMP) sebab uraian Aristoteles tentang pokok-pokok teori keutamaannya ini memperkaya, memperdalam dan menyempurnakan hakekat pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, sasaran pendidikan karakter dan model pendidikan karakter yang dijalankan dalam Kurikulum 2013 sekaligus K-13 sebagai sarana pengembangan pendidikan karakter bagi peserta didik. Kata-Kata Kunci: Disposisi jiwa (hexis proairetikē; state of character), Keutamaan moral (ēthikē aretē; moral virtues), keutamaan intelektual (dianoētikē aretē; intellectual virtues), kebaikan tertinggi (the ultimate good), kebahagiaan (eudaimonia; the happiness), pembiasaan (habituation), kurikulum 2013, kompetensi inti, kompetensi dasar, pengetahuan moral, perasaan moral, perilaku moral, nilai-nilai luhur bangsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)

L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:02
Last Modified: 29 Aug 2024 07:02
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item