Konsep Ontologi Permainan pada Filsafat Hermeneutika Gadamer sebagai Model untuk Memahami Percakapan Antar-Pemain dalam Seni Permainan Improvisasi Musik Jazz

Inabuy, Fidelio S. (2021) Konsep Ontologi Permainan pada Filsafat Hermeneutika Gadamer sebagai Model untuk Memahami Percakapan Antar-Pemain dalam Seni Permainan Improvisasi Musik Jazz. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.

[img] Text (Titlepage, Contents, Abstract, First Chapter, Bibliography)
Fidelio.pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Ontologi-Permainan-Seni dalam filsafat Gadamer merupakan analogi dari konsep hermeneutikanya yang mengutamakan kesaling-pemahaman, baik antar-pribadi maupun antara penafsir dengan teks, sebagai bentuk percakapan yang paling otentik. Otentisitas percakapan dimaknai sebagai: Tidak boleh ada pihak yang bertindak sebagai “tuan” (master) dalam percakapan tersebut untuk mereduksi pendapat pihak lain di bawah pendapatnya sendiri. Satu-satunya “tuan” dalam percakapan itu hanyalah “topik percakapan” (Sache) yang dibiarkan berbicara dari dirinya sendiri. Tugas para partisipan adalah “berwawancara dengan teks” seraya menangkap maksud di balik topik utama teks (the whole) dan menempatkannya dengan tepat ke dalam pertanyaan dan jawabannya (the parts). Keterarahan yang intens pada pertanyaan membuat dialog berlangsung dalam suasana penuh ambigu, prasangka, resiko, dan tak kunjung tiba pada kesimpulan akhir yang paripurna. Pihak-pihak berkomunikasi dalam tegangan antara “keterasingan” antarpribadi yang harus terus dipelihara dengan “kesepahaman” dalam suatu permainan bahasa (language-game) yang dipahami bersama (common understanding). Dalam konteks analogi permainan tersebut, seni-improvisasi-Jazz, sebagai sebuah aktivitas bermainmain dengan spontanitas musikal, juga berlangsung di area yang sama: Penuh keambiguan, prasangka, resiko, dan hasrat kepada akor dominant sebagai implementasi dari “pertanyaan,” persis yang Gadamer maksudkan itu. Fakta ini membuka peluang baru untuk memahaminya dalam konteks filsafat Gadamerian. Kendati memiliki pilihan gagasan improvisasi yang bebas dan orisinil, pribadi-pribadi yang berbeda tetap mampu “bercakap-cakap” dalam pola-pola permainan bahasa-bebob sebagai bahasa bersama. Kata Kunci: Ontologi-permainan, percakapan-otentik, pertanyaan, ambiguitas, esalingpemahaman, permainan-Bahasa, seni-improvisasi-Jazz, dan bahasa-bebob

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
A General Works > B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)

M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:10
Last Modified: 06 Sep 2023 04:10
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item