Alain Badiou: Sinema dan Alegori Gua Platon

Wulandari, Anastasia Endah (2023) Alain Badiou: Sinema dan Alegori Gua Platon. Masters thesis, Driyarkara School of Philosophy.

[img] Text (Title Page, Contents, Abstract, First Chapter, Bibliography)
TesisAnastasiaEndah.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini memaparkan analisa Alain Badiou untuk mengetahui bagaimana sinema dan produk variannya dapat menghantarkan kebenaran pada penontonnya. Ekonomi perhatian digital dibangun dengan menggunakan format sinematik yang menyajikan maksimalitas persepsi yaitu visual dan audio dalam produk yang disebut Produksi Moda Sinematik (PMS). Durasi perhatian penonton atau penikmat media sosial, dimonetisasi sedemikian rupa oleh jaringan kapitalisme digital. Algoritma yang diterapkan telah menyita waktu atau perhatian penikmat media sosial, dan menyebabkan alienasi dari kemenjadian otentiknya. Badiou dan Jonathan Beller akan menunjukkan kuasa kapital di balik kuasa seduktif yang bekerja dalam algoritma PMS ini. Namun PMS dan sinema memiliki kapasitas mentransfigurasi kebenaran, melalui kebenaran seni. Mencari kebenaran lewat sinema dan PMS ini dimungkinkan sebagaimana Badiou mengilustrasikannya dalam alegori sinema yang mewakili alegori gua Platon kontemporer. Sinema dapat menggambarkan teori ontologi subtraktif Badiou yang akan memisahkan kemajemukan murni sebagai ‘ada’, dan kemajemukan konsisten sebagai ‘ada di sana’. Kebenaran yang abadi, mengintervensi manusia melalui situs lokalnya (peristiwa), meloloskan subyek/kerja kebenaran yang mengkonstitusi manusia melalui proses subyektif formalisme. Manusia yang disubyektivasi kerja kebenaran ini akan mengejawantahkan jejak kebenaran di dunia. Karakter refleksif subyek kebenaran yang merupakan kemajemukan generik ini, dalam teori himpunan ZFC yang mendukung teori kebenaran Badiou, menempatkan kebenaran sebagai yang tak bisa dipastikan. Kata-kata kunci: Produksi Moda Sinematik (PMS), Ekonomi Perhatian, Alegori Sinema, Kebenaran, Peristiwa, Subyek Kebenaran, Kerja Seni, Idea Sinema, Ontologi Substraktif, Transfigurasi, Afirmasi, Kemajemukan Konsisten Tampilan, Kemajemukan Murni Tak Tampil, Kemajemukan Generik, Abadi, Lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pascasarjana Filsafat
Depositing User: ThM .-
Date Deposited: 29 Aug 2023 00:50
Last Modified: 29 Aug 2023 00:50
URI: http://repo.driyarkara.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item